Sabtu, 21 Maret 2015

#Pertanyaansorehari Edisi I



Bismillahirrahmaanirrahim,
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakaatuh,

Sekedar Pengantar…!!!

Pembaca sekalian,
Mengawali tulisan kali ini, saya ingin memanjatkan puji syukur kehadirat Allah subhanahu wata’ala atas semua limpahan rahmat dan nikmat-Nya hingga kita semua berada dalam keadaan sehat wal áfiat. Shalawat dan salam saya haturkan kepada Nabi Muhammad shallallahu a’laihi wasallam, keluarga, para sahabatnya dan orang-orang yang senantiasa istiqamah dalam mengikuti petunjuknya.

Pembaca sekalian yang dirahmati Allah,
Setelah beberapa minggu menulis perihal #Pertanyaansorehari di status facebook pribadi saya, timbul keinginan untuk mengumpulkannya dalam sebuah tulisan sehingga lebih mudah untuk dibaca kembali. Agar pembaca tidak bosan dalam membacanya, maka saya berencana untuk membuatnya dalam bentuk tulisan berseri. Jadi, tulisan seputar #Pertanyaansorehari, kedepannya akan terbit secara kontinyu dalam beberapa Edisi, tentunya tergantung mood dari penulisnya. Hehehe

Jika Allah mengizinkan, saya berencana menerbitkannya setiap bulan mengikuti penanggalan Islam tentunya dan pastinya.


Apa sih #Pertanyaansorehari itu?

Ini buat yang pengen tahu saja yah, yang nda pengen tahu juga nda apa-apa dibaca, siapa tahu tertarik. Hehehe.

#Pertanyaansorehari adalah sebuah status yang saya tulis dan upload di facebook pribadi saya ketika memasuki waktu sore hari. Dia berisi pertanyaan-pertanyaan yang muncul dibenakku berkaitan dengan dinamika kehidupan sosial di masyarakat. Dia bisa bersumber dari orang lain dan juga bisa berupa buah pikiranku yang kemudian saya olah dan sajikan dalam bentuk soal-jawab untuk memudahkan dalam memahami maknanya. Saya berusaha untuk menyajikannya dalam bentuk kalimat yang singkat, padat dan mudah dipahami tanpa berniat menghilangkan atau mengurangi pesan yang ingin disampaikan.

Kenapa sore hari?

Saya memilih sore hari, karena saat itu mentari akan terbenam dan rembulan bersiap-siap untuk menampakkan keindahannya bersama bintang-bintang yang bertaburan di sekelilingnya. Saya berharap Rembulan akan menjadi jawaban atas setiap tanya yang kulontarkan di setiap sorenya. Saat itu tiba, Rembulan pasti akan memahaminya.

Akh sudahlah, yang jelas saya memilih sore hari sebagai waktu untuk menghimpun segala problematika yang saya temui dan dapatkan di pagi hingga siang harinya. Sehingga ketika malam tiba, bisa menjadi bahan untuk muhasabah menghadapi mentari keesokan harinya.

Siapa sih “Dek” yang dimaksud dalam #Pertanyaansorehari itu?

Saya memilih sapaan “Kak” dan “Dek” dalam #Pertanyaansorehari sebagai simbol keindahan dalam berkomunikasi. Saya terkadang bersedih, ketika penghormatan dan penghargaan terhadap yang lebih tua, mulai ditinggalkan oleh generasi muda kita saat ini. Saya mengalaminya sendiri ketika pulang kampung. Seorang anak kecil memanggil orang yang lebih tua darinya dengan sebutan nama tanpa memperhatikan etika sopan-santun dan sebagainya. Sesungguhnya hal tersebut sangat sederhana, tetapi berbahaya jika dibiarkan, karena dapat meracuni keharmonisan kehidupan sosial di masyarakat. Apalah jadinya jika pemuda sudah tidak saling menghargai lagi, tentu kekacauan yang akan terjadi.

Selain itu, yang paling penting adalah, “Dek,” disini bisa berarti yang sebenarnya. Hehehe.

Baik, sepertinya sekedar pengantarnya sudah terlalu banyak kadarnya. Jadi biar tidak over dosis, silahkan menikmati #Pertanyaansorehari Edisi I, 1 Jumadil Akhir 1436 Hijriah dibawah ini:

#Pertanyaansorehari Edisi I,
Sabtu, 1 Jumadil Akhir 1436 Hijriah

#Pertanyaansorehari di penghujung Februari...!!!
Kenapa kamu tidak PACARAN? Jawab.!!!
"Karena saya mau KAMU jadi ISTRIKU bukan PACARKU" :)
‪#‎simpel

***

‪#‎Pertanyaan sore hari di seputaran kampus...!!!
Kenapa kita tidak mau memboncengku? Jawab..!!!
"Karena saya mau bersanding denganmu di pelaminan bukan di atas motorku" :)
Selanjutnya terserah padamu..!!! :)
Madanosin

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
Kak, kenapa kita tidak mengucapkan selamat di hari spesialku?
Jawab: :) "Dek, Setiap detik bersamamu adalah spesial. Bukan hanya di hari lahirmu saja."
‪#‎sederhanabagiku
Madanosin

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
Kak, Sebenarnya obat itu apa?
Jawab: :) "Dek, Obat itu racun tetapi tidak semua racun itu obat" Dosislah yg membedakannya. Jadi, bertanyalah pada Apoteker..!!! :)
‪#‎Sederhanakan
Madanosin

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
Kak, Siapa sih apoteker itu?
Jawab: :) Dek, Apoteker is The master of medicine". Apoteker akan menjagamu dari sifat racun obat. Apoteker akan mendampingimu ttg segala hal berkaitan dgn obat. apoteker akan menjagamu agar tidak salah menggunakan obat. :)
‪#‎Sederhanabagiku
Madanosin

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
"Kak, Kenapa obat itu rasanya PAHIT?"
Jawab: :) " Betul Dek, Obat itu pahit, yang MANIS itu Apotekernya...!!!"
<3 Madanosin
‪#‎Sederhanakan.

***

‪#‎Pertanyaansorehari..!!!
"Kak, Apakah sabar itu ada batasnya?
Jawab: "Dek, sabar itu tidak berbatas, karena Ujung dari ketidaksabaran adalah Marah, jengkel, dendam, dll." Bersabarlah, karena SURGA menantimu..!!!
Madanosin
‪#‎Sederhanabagiku

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
"Kak, Janggotta tebal, anggota ISIS yah? (sambil tertawa)
Jawab: :) "Dek, Jenggot itu simbol Muhammad Ibnu Abdullah. Panutan umat Islam sedunia. Bukan Simbol ISIS".
Berhatihatilah dalam berucap, walau hanya sekedar bercanda. :)
Madanosin
‪#‎Sederhanakan.

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
"Kak, saya nda bisa selesaikan semua pekerjaanku?"
Jawab: :) "Dek, Jika kamu mampu melakukan sebagian, jangan tinggalkan seluruhnya." Ingat baik-baik kaidah tersebut.
Madanosin
‪#‎Pelajaranhariini.

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
"Kak, sampai kapan kita harus menuntut Ilmu?"
Jawab: :) "Dek, Pertanyaan itu pernah ditujukan kepada Imam Ahmad, dan jawaban beliau adalah "SAMPAI MATI".
Jadi, Tidak ada kata STOP menuntut Ilmu. :)
Madanosin
‪#‎Sederhanakan.

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
"Kak, sepertinya saya lelah, gimana nih Kak?"
Jawab: :) "Tersenyumlah dek, karena lelahmu dalam kebaikan akan berbuah pahala yang tak terhingga. Ditambah senyumanmu yang indah dan ikhlas. Insya Allah surga Jaminannya" :)
Madanosin
‪#‎Tersenyumlah.
:)

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
"Kak, Katanya waktu itu adalah uang, kalau menurutta?"
Jawab: :) "Waktu adalah PAHALA."
Madanosin
Perpustakaan Koper Baubau
‪#‎Sederhanakan

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
"Kak, Dimana sebenarnya letak kebahagiaan?"
Jawab: :) "Dek, kebahagiaan itu letaknya di Qolbu." Karena menjaga Qolbu adalah cara terbaik untuk bertemu dengan pemilik kebahagiaan. Allah Azza wa Jalla. :)
<3 Allah Ta'ala
Madanosin
Perpustakaan Koper Baubau
‪#‎Sederhanakan

***

‪#‎Pertanyaansorehari...!!!
"Kak, kenapa kita nda suka sama makanan & minuman yang agak manis?"
Jawab: :) "Saya takut Overdosis Dek..!!!" :)
Madanosin
‪#‎Sederhanakan.

***

Semoga bermanfaat.
Nantikan edisi berikutnya…!!!
Jangan bosan-bosan berkunjung ke blogku yang apa adanya ini yah,
Saya,
Madanosin.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar