Rabu, 28 Januari 2015

Galen pernah ditanya, "Mengapa engkau tidak pernah sakit?"



Tulisan ini adalah lanjutan dari tulisan sebelumnya yang berjudul “Nasehat-nasehat pakar pengobat klasik”. Dr. Musthafa Murad dalam kitabnya Minhajul Mukmin (Pedoman hidup seorang mukmin) menuliskan beberapa hikmah menurut syar'i dan ilmu kedokteran perihal kesehatan. 

Hikmah-hikmah tersebut disampaikan oleh para pakar kesehatan dimasa lalu dintaranya adalah Cladius Galen atau kita kenal dengan nama Galen. Berikut sedikit tentang beliau:
Claudius Galen (200-129 SM)

“Dokter dan ahli farmasi bangsa Yunani. Karyanya dalam ilmu kedokteran dan obat-obatan yang berasal dari alam, formula dan sediaan farmasi yaitu Farmasi Galenik.

Memulai pambuatan obat-obatan dari tumbuh-tumbuhan dengan mencampur masing-masing bahan dikaitkan dengan farmasi Galenik yang formulanya adalah cream pendingin (Galen's Cerats). 

Telah meraih penghargaan untuk 500 bukunya tentang ilmu kedokteran-farmasi serta 250 buku lainnya tentang filsafat, hukum, maupun tata bahasa.”

Adapun nasehat-nasehat beliau sebagaimana yang ditulis oleh Dr. Musthafa Murad dalam kitabnya Minhajul Mukmin dalah sebagai berikut:

Galen pernah ditanya, "Mengapa engkau tidak pernah sakit?"


Dia menjawab, "Karena aku tidak pernah menggabungkan dua makanan jelek dalam perutku, aku juga tidak makan setelah perutku kenyang, serta aku tidak memasukkan makanan yang merugikan lambungku."

Galen melanjutkan dengan beberapa nasehatnya:

# Empat hal yang menyebabkan tubuh sakit: banyak bicara, banyak tidur, banyak makan, dan banyak berhubungan seksual.

# Banyak bicara akan mengurangi dan melemahkan otak serta mempercepat tumbuhnya uban.

# Banyak tidur memucatkan wajah, membutakan hati, mengaburkan pandangan, menjadikan malas beraktivitas, dan menyebabkan tubuh menjadi lembab.

# Banyak makan merusak katup lambung, melemahkan badan, serta menyebabkan masuk angin dan penyakit-penyakit yang berat.

# Terlalu sering berhubungan seks akan menyebabkan tubuh dan staminanya melemah, mengeringkan kelembaban, mengendorkan syaraf, dan mengakibatkan penyumbatan. Akhirnya, kerusakan itu merata ke seluruh tubuh, terutama otak, berdasarkan analisis secara psikologis. Pelemahan pada otak lebih sering terjadi karena unsur kejiwaannya begitu terforsir.

# Hubungan seksual yang paling baik adalah saat muncul gairah seks, yang murni karena melihat wanita (istri) yang masih mudah serta halal baginya, yang dibarengi dengan sendau gurau yang hangat dan tingkat kelembaban yang cukup, tidak terlalu sering, mengosongkan hati dari beban psikologis, tidak berlebih-lebihan, tidak dilakukan pada berbagai kondisi yang seharusnya dijauhi, misalnya terlalu kenyang, lapar, muntah yang disengaja, olah raga yang berlebihan, saat suhu tubuh terlalu panas, atau terlalu dingin. Jika seseorang bisa memelihara perkara-perkara ini tentu akan sangat bermanfaat bagi tubuhnya. Jika salah satunya hilang, pasti akan terkena bahaya sesuai kadarnya. Adapun jika hilang seluruhnya atau sebagian besarnya, berarti kematian yang disegerakan.

# Diet yang berlebihan pada saat sehat seperti makan sesuatu yang membahayakan saat sakit. Adapun diet yang seimbang, hal itu bisa bermanfaat.

# Jauhilah tiga perkara dan jagalah empat perkara, niscaya kalian tidak akan membutuhkan dokter. Jauhilah debu, asap, dan bau busuk. Hendaknya kalian memanfaatkan lemak, minyak wangi, manisan, dan kamar mandi.

# Jangan makan setelah kenyang serta jangan menusuk-nusuk gigi dengan dahan badzaruj (sejenis sayuran (kemangi gunung) yang terkenal) dan kemangi.

# Jangan makan kenari pada sore hari.

# Orang yang sedang mengidap salesma, jangan tidur terlentang.

# Orang yang sedang sedih jangan makan yang asam-asam.

# Orang yang sedang mengeluarkan darah untuk berobat jangan berjalan terlalu cepat, karena bisa mempercepat kematian.

# Orang yang sedang sakit mata jangan melakukan muntah dengan sengaja.

# Pada saat musim panas, jangan terlalu banyak makan daging.

# Orang yang sedang demam jangan tidur dibawah sinar matahari.

# Jauhilah terong yang sudah lama dan berlendir.

# Siapa yang minum segelas air panas setiap hari pada musim dingin, dia akan terbebas dari berbagai macam penyakit.

# Siapa yang memolesi tubuhnya ketika mandi dengan kulit buah delima, niscaya dia akan terbebas dari penyakit gatal-gatal dan kudis.

# Siapa yang mengkonsumsi lima kuntum bunga lili dengan sedikit mastic romawi, batang kayu gaharu, dan kesturi, maka umurnya akan panjang dan lambungnya tidak melemah dan tidak rusak.

# Jika makan biji semangka dengan gula akan bisa membersihkan batu ginjal dan rasa perih saat baung air.

Bersambung…!!!

*******

Semoga dapat memberikan manfaat kepada pembaca sekalian. :)
 
Pada tulisan berikutnya saya akan menuliskan tentang nasehat berharga dari salah seorang tabib yang hidup di masa Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam Al Harits bin Kaladah, dimana Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam mengakui kemampuannya dalam hal pengobatan. Nantikan tulisan-tulisan saya berikutnya, jangan bosan-bosan berkunjung ke blogku yang apa adanya ini. Sampai jumpa kembali..!!! 

Saya Abu Harits Al Buthony,
Di Makassar 7 Rabbiul Akhir 1436 H

Tidak ada komentar:

Posting Komentar