Minggu, 20 Juli 2014

Hobi Baru




Berbicara tentang hobi,  maka berarti kita bercerita tentang kesukaan atau sesuatu yang kita senangi dimana dengannya kita rela menghabiskan banyak waktu, menghabiskan tenaga, bahkan kita rela merogek kocek dalam-dalam hanya untuk memuaskan atau memenuhi kebutuhan hobi tersebut.

Sebagai lelaki sejati, saya tentunya menyenangi hal-hal yang berbau laki. Saya suka traveling, camping, climbing, running, swimming, mancing, snorkeling, footsal, catur, yang jelas hutan, air terjun, pantai, laut, ikan, karang, bola, dan permainan strategi adalah hal-hal yang selalu membuatku ingin melakukannya atau sekedar melihat dan bercengkrama dengannya. Saya merindukan saat-saat ketika bersama sahabat, ayah, dan keluarga melakukan hal-hal tersebut. Semuanya terkenang indah dalam ingatanku.


Selain hal-hal yang berbau laki tersebut, saya juga menyukai sesuatu yang mungkin sebagian orang menganggapnya sebelah mata. Tetapi menurutku, mereka beranggapan seperti itu karena mereka belum tahu atau belum mengenal hobi ini secara baik. Mereka belum tahu bahwa, hobi ini adalah hobi yang sangat mulia, karena perintahnya langsung turun dari penguasa alam semesta ini melalui malaikat yang paling mulia kepada manusia yang paling mulia. Yah, hobi tersebut adalah membaca dan menulis. Silahkan buka tafsir Al-Qur’an Surah Al-‘alaq, maka anda akan memahami arti penting dari membaca dan menulis seperti yang tercantum dalam surah tersebut. Saat ini, bagiku menulis dan membaca sudah seperti darah dan daging, dia sudah menjadi bagian yang tak terpisahkan dari diriku.

Ada lagi hobi yang selalu kurindukan untuk melakukannya, hobi ini mungkin sedikit kemayu melihat cuma segelintir lelaki yang mau melakukannya. Ya, hobi yang selalu kurindukan tersebut adalah memasak dan menanam bunga (berkebun). Saya memang tidak terlalu pandai dalam memasak karena memang bukan spesialisasi saya, tetapi saya yakin jika anda mencicipinya, anda akan mengangkat ibu jari anda setinggi-tingginya. Masakan yang saya masak simple-simpel saja, seperti sayur kuah, sayur tumis, ikan parende, ikan bakar, ikan goreng, palu butung, dan tahukan anda, bahwa saya pernah membuat ayam kari kentang ketika terjebak lebaran di tanah rantau. Prestasi yang akan selalu tersimpan dalam hatiku adalah ketika saya spesial membuatkan palu butung untuk ibundaku tercinta. Itu adalah masakan yang paling lezat yang pernah kubuat untuk orang yang paling kucinta. Jika anda penasaran dengan masakanku, anda pasti tahu apa yang harus dilakukan. Hehehe.

Dari beberapa hobi tersebut di atas, ada satu hobi baru yang akhir-akhir ini lagi intens saya lakukan. Hobinya ini terbilang aneh dimata sebagian orang, tetapi bagiku ini mengasyikkan. Anda pasti bingung ketika mengetahuinya, oleh karena itu santai saja dalam menanggapinya. Hobi baru ini memang unik, karena memang saya suka sama yang unik-unik. Semoga anda tidak termasuk orang yang unik, karena saya khawatir saya akan menyukai anda juga. Hehehe!!!!

Tahukah anda, hobi saya baru tersebut adalah, “SMS” atau “Sending Message” atau “Mengirim Pesan”. Yah, akhir-akhir ini saya lagi intens-intensnya mengirim pesan-pesan singkat kepada teman, kerabat, dan keluarga. Tapi tenang, isi pesannya bukan berupa ancaman atau tagih utang dan lain-lain, tetapi isi pesannya berupa nasehat islami, kalimat-kalimat motivasi dan info-info kebaikan lainnya.

Entah darimana datangnya sehingga saya tertarik untuk menggeluti hobi baru tersebut. Yang jelas, beberapa hari terakhir ini, tepatnya dibulan Ramadhan 1435 H ini saya suka sekali mengulang-ngulang membaca firman Allah Ta’ala surah Al-Ashr sembari menghayati makna yang terkandung di dalamnya. Mungkin karena perintah Allah untuk saling nasehat-menasehati, ingat-mengingatkan sebagaimana yang terkandung dalam surah tersebut kemudian mengetuk hati saya untuk menggeluti hobi baru ini. Dan juga sebagaimana perkataan Rasulullah yang mengajak kita untuk menyampaikan kebenaran itu walaupun hanya satu ayat.

Entahlah, saya hanya berharap agar Allah meridhoi  apa yang kulakukan melaui hobi baruku ini. Semoga Allah senantiasa memberikan petunjukNya kepada kita semua.

Bagi para pembaca sekalian yang berminat untuk mendapatkan sms nasehat tersebut, silahkan mendaftarkan diri melalui pesan inbox di halaman page facebook madanosin.

Sekian dan semoga bermanfaat.

Madanosin.

1 komentar:

  1. sms gw jg donk... hehehe

    satu lagi dari madanosin yang membuatku terkesima.. lanjutkan perjuanganmu bung!!!

    BalasHapus