Kamis, 27 Februari 2014

Dulu Pyra Sekarang Blog


“Bangsa yang besar adalah bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya” begitu kata bung Karno. Sebagai seorang blogger pemula, saya merasa perlu untuk mengetahui sedikit tentang sejarah blog dan pahlawan-pahlawan yang berperan penting dalam perjuangan pembuatan blog sehingga bisa dinikmati hingga saat ini.

Bagi pembaca sekalian yang juga ingin mengetahui tentang blog, tulisan ini mungkin bisa mengobati sedikit rasa ingin tahu anda walaupun tidak sampai menyembuhkannya. Tetapi jika anda ingin tahu lebih dalam, silahkan berselancar di internet atau bertanya kepada paman Google dan saya yakin penyakit rasa ingin tahu anda akan sembuh total.


Berikut beberapa hal yang berhasil saya kumpulkan dari kisah-kisah sejarah perjalanan panjang Blog.

 
Sumber gambar: ekakemalsusilawati.blogspot.com

Blog singkatan dari web log, adalah bentuk aplikasi web yang menyerupai tulisan-tulisan (yang dimuat sebagai posting) pada sebuah halaman web umum. Tulisan-tulisan ini seringkali dimuat dalam urut terbalik (isi terbaru dahulu baru kemudian diikuti isi yang lebih lama), meskipun tidak selamanya demikian. Situs web seperti ini biasanya dapat diakses oleh semua pengguna Internet sesuai dengan topik dan tujuan dari si pengguna blog tersebut.

Blogger adalah sebuah layanan publikasi blog yang dibuat oleh Pyra Labs dan pada tanggal 23 Agustus 1999, Blogger diluncurkan oleh Pyra Labs yang kemudian diakusisi oleh Google pada tahun 2003. 

Pyra Labs merupakan perusahaan yang mengeluarkan sebutan Blogger, dan menjadikan layanan ini sukses besar. Pendirinya adalah Evan Williams dan Meg Hourihan, dan produk pertama perusahaan ini juga dinamai 'Pyra'. Dimana 'Pyra' ini merupakan aplikasi web yang dapat menggabungkan pengelolaan proyek, kontak, dan daftar tugas.


Tahun 1999, masih dalam tahap ujicoba, Pyra diubah menjadi peralatan bernama Blogger. Layanan ini disebarluaskan pada Agustus 1999. 

Google Inc. adalah sebuah perusahaan multinasional Amerika Serikat yang berkekhususan pada jasa dan produk Internet. Produk-produk tersebut meliputi teknologi pencarian, komputasi web, perangkat lunak, dan periklanan. Sebagian besar labanya berasal dari AdWords. 

Google AdWords adalah sebuah produk periklanan yang dibuat oleh Google yang sampai saat ini masih menjadi sumber pemasukan utama Google di bidang periklanan. Google AdWords adalah sebuah strategi pemasaran periklanan baru yang menggunakan mesin pencarian Google sebagai saran beriklan, biasa disebut juga sebagai Search Engine Marketing atau pemasaran berbasis mesin pencari.

Google didirikan oleh Larry Page dan Sergey Brin saat masih mahasiswa Ph.D. di Universitas Stanford. Mereka berdua memegang 16 persen saham perusahaan. Mereka menjadikan Google perusahaan swasta pada tanggal 4 September 1998. Pernyataan misinya adalah "mengumpulkan informasi dunia dan membuatnya dapat diakses dan bermanfaat oleh semua orang", dan slogan tidak resminya adalah "Don't be evil".

Sekian,
Abu_Laosar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar