Rabu, 31 Agustus 2016

Guru Mengaji, Oleh-oleh Terindah dan KSB.


Kemarin, tgl 21 sd. 24 Mei saya mengikuti kegiatan PGM3A yg diadakan oleh BKPRMI. PGM3A adalah singkatan dari Pelatihan Guru Mengaji, Menulis & Memahami Al Qur'an. Ada banyak ilmu, pengalaman & kenalan baru yg saya dapatkan di sana. Semoga Allah memberikan RahmatNya kepada panitia penyelengara. Dan semoga kegiatan seperti ini rutin diadakan.

"Sebaik-baik manusia diantara kalian adalah yang belajar Al Qur'an dan mengajarkannya" (HR. Bukhari)

Saya bersyukur bisa dipertemukan dengan orang-orang hebat yg peduli terhadap pendidikan baca-tulis Al Qur'an. Dengan mengharap ganjaran pahala jariyah dari Allah, mereka mewakafkan waktu, tenaga bahkan materi yg mereka miliki demi mendidik generasi-generasi Qur'ani di masa depan. Semoga Allah memudahkan & merahmati segala urusan mereka.

Ada beberapa problem yg mengemuka pada sesi diskusi kami saat itu, yakni terkait iuran santri. Mayoritas pengajar bersih keras untuk menggratiskan iuran santri dgn alasan menjaga keikhlasan niat, tapi ada juga yg memberlakukan iuran dgn nominal serendah mungkin, kisaran Rp. 10 ribu perbulan untuk menutupi biaya administrasi dan infaq transportasi pengajar. Itupun, hati mereka masih ragu akan ketakutan terganggunya niat ikhlas mereka. Padahal sudah dijelaskan bahwa hal tersebut boleh dalam islam. Yah, seperti itulah perasaan para guru mengaji yg tulus mengadi demi Al Qur'an Kalamullah. Semoga Allah membalas setiap detik pengabdian mereka dgn pahala jariyah. Aamiiin.

Diakhir pelatihan, kami diberikan sertifikat PGM3A sebagai bukti telah mengikuti seluruh rangkaian materi yg disajikan. Sertifikat ini kelak akan bermanfaat, karena ternyata dia menjadi salah satu syarat legalitas Tk-TPA yg ditetapkan oleh Kemenag. Bagiku, ini adalah oleh-oleh terindah untuk KSB (Komunitas Suka Berbagi) karena sangat mendukung program kerja kami yaitu "KSB mengaji" yg item kegiatannya yaitu; Pembinaan TPA, Wakaf Al Qur'an, buku Iqra, dll. Semoga Allah memberikan berkahnya & membalas kebaikan sahabat2 yg sudah membantu program ini.

Terakhir, teruslah memberi manfaat kepada orang lain karena sebaik-baik manusia adalh yg paling bermanfaat bagi org lain.

"Berbagi itu kereenn.!"

Madanosin, Sahrul_Madan, Abu Harits Al Buthony.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar